Tantangan UMKM Di Indonesia Pada Tahun 2021

Sektor UMKM di Indonesia sering kali mengalami tantangan, khususnya untuk persoalan pemasaran dan juga pendanaan. Kondisi ini semakin diperparah dengan adanya pandemi COVID-19.

Lantas, apa saja tantangan yg harus dihadapi UMKM sekarang? Setidaknya ada 5 hal yang menjadi tantangan UMKM di Indonesia sekarang. Berikut penjelasannya :

  1. Keraguan sebelum memutuskan Go-Online
  2. Kurangnya persiapan untuk beralih dari offline ke Online
  3. Jangkauan pasar yang belum luas
  4. Perlunya meningkatkan ketahanan dan daya saing bisnis
  5. Menghadapi tantangan UMKM dengan transformasi digital

Tapi, jika ditelusuri lebih jauh lagi, sebenarnya ada banyak peluang dan solusi yg bisa dilakukan untuk “bertahan”.

Lonjakan belanja online justru terasa semakin signifikan dimasa pandemi. Dibalik tren ekonomi yang negatif, ternyata pandmei meningkatkan jumlah transaksi online. Menurut Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) KOMINFO, jumlahnya meningkat hingga 400%. Kemungkinan besar itu disebabkan karena aktivitas kini lebih banyak di rumah sehingga orang-orang akan lebih sering membuka gadget.

Jadi, solusi yang dapat diambil adalah dengan mulai berjualan secara online menggunakan website sendiri untuk menghindari perang harga yang sering dijumpai ketika berjualan di marketplace.

Toko Clouds sendiri menyediakan 3 pilihan paket toko online yang dapat dipilih sesuai kebutuhan para UMKM untuk mulai Go-Online. Bingung paket mana yang cocok untuk usaha kamu? Konsultasikan dengan tim kami secara gratis!!!

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *